Terdampar di Padang, Hidden Caribbean of Sumatra

5 09 2012

Travelers, kali ini gue akan mengulas mengenai kota Padang, ibukota Sumatera Barat, provinsi yang sudah sangat populer sebagai tujuan wisata. Selama ini banyak travelers hanya menjadikan Padang sebagai tempat transit sebelum menuju kota lainnya di Sumatera Barat dan tempat-tempat wisata lain yang lebih populer, misalnya Bukittinggi, Padang Panjang, Lembah Harau, Danau Maninjau, Kepulauan Mentawai, dll. Tapi kali ini ane coba membahas khusus mengenai Wisata Adventure di wilayah Padang dengan tema “Terdampar di Padang, Hidden Caribbean of Sumatra”, yang selama ini mungkin belum banyak diketahui ordinary travelers.

Gambar

Terdampar di Padang

Bagi ordinary travelers, Padang mungkin terasa kurang menarik untuk menjadi tujuan wisata. Kebanyakan travelers sekedar transit di Padang sebelum melanjutkan perjalanan ke tujuan-tujuan wisata yang populer di Bukittinggi, Danau Maninjau di Agam, Lembah Harau di Kabupaten Lima Puluh Kota dll. Tapi kali ini ane akan berbagi potensi wisata unik yang bisa dilakukan di Padang, yaitu menjelajahi pulau-pulau kecil yang tersebar di lepas pantai Padang.

Puluhan pulau-pulau tropis kecil yang indah tersebar di Samudera Hindia tidak jauh dari pesisir Padang. Kebanyakan diantara pulau-pulau tersebut tak berpenghuni dan masih relatif perawan. Surga tropis ini berpantai pasir putih yang lembut dan bersih di sekelilingnya, dengan air laut yang jernih bagai kristal dan terumbu karang yang mempesona, tak kalah menawan dengan Kepulauan Karibia di Amerika Tengah, itulah kenapa ane menjulukinya “Hidden Caribbean of Sumatra”.

Gambar

View dari Pulau

Tak banyak yang tahu akan keindahan pulau-pulau kecil di lepas pantai Padang ini sehingga suasana pulau pun juga jauh dari hiruk-pikuk turis. Sangat direkomendasikan bagi travelers yang ingin menikmati keindahan pulau dengan tenang. Saat ini beberapa pulau di pesisir Sumatra Barat sudah dikelola secara profesional menjadi resort, yang paling terkenal yaitu Pulau Cubadak di Pesisir Selatan dan Pulau Sikuai. Selain dua pulau terkenal tersebut juga ada Pulau Pasumpahan dan Pulau Pagang yang mempunyai cottage kecil murah-meriah untuk turis yang berkunjung ke pulau.

Gambar

Snorkeling di terumbu karang sekitar pulau, bening euy…

Tapi bagi yang ingin mencari lebih dari sekedar bersantai di resort, bisa melakukan petualangan menjelajahi pulau-pulau kecil tak berpenghuni. Island Hopping Adventure ini bisa dilakukan secara One Day Tour bagi yang waktunya terbatas atau tidak ingin menginap, tetapi bagi travelers yang ingin merasakan sensasi wisata petualangan lebih maksimal, ane rekomendasikan untuk berkemping dan menginap minimal satu malam di salah satu pulau, mencoba pengalaman terdampar di pulau asing ala Robinson Crusoe.

Gambar

View dari atas bukit di tengah pulau

Kebetulan ane hobi mancing dan beberapa kali mengadakan fishing trip ke spot-spot dekat pulau-pulau di pesisir Padang dengan perahu motor. Siang hari setelah puas memancing dari pagi kami biasa mampir ke salah satu pulau kecil untuk melepas lelah sambil membongkar bekal makan siang. Selesai makan kami pun nyantai sambil tiduran di pasir putih menikmati hembusan semilir angin laut dan suara debur ombak. Sooooo peaceful gan…

Aktifitas

Gambar

Menikmati pasir putih di Pulau Pagang

Gambar

Bermain Banana Boat di Pulau Pagang

Gambar

Parasailing di Pulau Pagang

Gambar

Bakar ikan segar, fresh from the ocean

Selama di pulau, macam-macam aktifitas mengasyikkan yang bisa dilakukan travelers, dari mulai adventouring menjelajahi pulau ala si Panji, swimming di private beach yang super bersih dengan pasir putihnya yang lembut, bisa juga diving dan snorkeling menikmati keindahan terumbu karang dan biota laut di sekitar pulau. Untuk yang hobi mancing juga bisa melakukan aktifitas Sport Fishing yang dijamin seru karena di sekitar pulau juga banyak terdapat spot-spot gosong karang yang dihuni ikan-ikan predator seperti Giant Trevally, Dogtooth Tuna, Sailfish, Dorado, Ruby Snapper dll. Selain itu di pulau-pulau tertentu, travelers juga bisa menikmati pemandangan penyu yang rutin singgah ke pulau untuk menggali lubang di pasir pantai dan bertelur di dalamnya, pemandangan unik yang tak terlupakan tentunya.

Pulau-pulau yang bisa menjadi alternatif tujuan adventure di sekitar Padang adalah, Pulau Sikuai, Pulau Pasumpahan, Pulau Pagang, Pulau Sironjong, Pulau Toran, Pulau Pandan, Pulau Sinyaru, Pulau Pisang Ketek, Pulau Pisang, Pulau Ular, Pulau Bintangor, Pulau Sirandah, Pulau Sibonta, Pulau Bindalang, Pulau Setan, Pulau Setan Kecil, Pulau Sao, Pulau Kasik, Pulau Air dan Pulau Pasir Gadang.

Secara umum pulau-pulau ini berjarak relatif dekat dari pesisir Padang sehingga dapat dicapai dalam waktu yang relatif cepat antara 10 menit s.d. 45 menit jam dengan mengunakan perahu motor dari pesisir Padang. Kondisi pulau hampir seluruh bagian tengahnya ditumbuhi oleh vegetasi hutan dengan jenis pohon aru, kelapa, sago. Perairan di sekitar pulau biasanya banyak terdapat terumbu karang antara lain jenis Acropora, Pocciliciopra dan lain-lain. Kebanyakan pulau-pulau ini tidak dihuni secara tetap, namun hanya menjadi tempat persinggahan bagi nelayan. Khusus di Pulau Pisang Gadang yang terletak tidak jauh dari Pantai Air Manis, di tengah pulau terdapat peninggalan sejarah kolonial berupa benteng dan meriam kuno yang tentunya menambah daya tarik pulau.

Referensi :

Wisata Kota Padang

Wisata Pulau Padang

Padang Watersport

Desa Wisata Kampuang Bunguih

Tips:
Untuk berpetualang di pulau travelers dapat menghubungi Hotel Carlos di Pantai Carlos Bungus. Biaya disini mencakup sewa perahu one day trip atau sewa perahu antar jemput untuk menginap kemping di pulau. Estimasi biaya di kisaran Rp.500.000,- s.d. Rp.1.000.000,- bervariasi tergantung jenis perahu yang digunakan, rute trip yang ditempuh dan kemampuan negosiasi travelers tentunya.

Sebelum trip terutama apabila berencana kemping menginap di pulau sebaiknya travelers mempersiapkan bekal secukupnya makanan, minuman dan kebutuhan perlengkapan lainnya, karena di pulau nanti tidak ada warung untuk belanja kebutuhan. Yang perlu diperhatikan lainnya adalah agar travelers turut menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan selama berwisata, jadi jangan lupa menyediakan kantong sampah agar kebersihan pulau terjaga, juga untuk tidak merusak dan mengotori keindahan alam yang ada di pulau.


Actions

Information

12 responses

6 09 2012
Baju For Sale | Baju Anak Murah Meriah

[…] .catablog-row {min-height:100px; height:auto !important; height:100px;} .catablog-image {width:100px;} .catablog-title {margin:0 0 0 110px !important;} .catablog-description {margin:0 0 0 110px; !important} .catablog-images-column {width:100px;} .catablog-gallery.catablog-row {width:100px; height:100px;} .catablog-gallery.catablog-row .catablog-image {width:100px; height:100px;} .catablog-gallery.catablog-row .catablog-image img {width:100px; height:100px;} .catablog-gallery.catablog-row .catablog-title {width:90px;} Cantik Dengan SPA Di RumahGado-Gado Pikiran Ala SannyTerdampar di Padang, Hidden Caribbean of Sumatra […]

8 09 2012
[Humor] Salah Strategi | kocokocak.com

[…] Review Blog – Kelebihan dan Bagaimana Mendapatkan Review Yang Baikkasus 38: gigi 26 dan 36 karies D4, (resin komposit 1.20Wanita – wanita Yang Mencintai SuamikuWE GOT MARRIED SEASON 5 : KIM SO EUN & (Konsumsi Minuman dan makanan sehat demi Menjaga Kesehatan BadanTerdampar di Padang, Hidden Caribbean of Sumatra […]

9 09 2012
registery

pengen kpn2 ke Padang. kebentur dana, belakangan cuma bisa traveling diseputaran Lampung aja, kalopun keluar, bisanya ke Pulau Jawa..
Kapan ke Lampung Barat lagi kakak?

11 04 2013
the hermawanov

backpacker-an menyusuri pantai barat sumatra keren juga lho, dari lampung barat, lanjut bengkulu teruuuus sampe ke padang

12 07 2013
Registery

pengennya sih begitu

20 09 2012
irmarahadian

terima kasih ulasannya mas…
jd pengen ke padang nich…
bagus-bagus fotonya…

11 04 2013
the hermawanov

yup mbak irma…ditunggu kunjungannya, dijamin puasss😀

7 01 2013
praboto

Wah wah tampaknya memang harus mencoba kesana yo mas, aku kemarin ke Karimun jawa juga terkagum kagum…Indonesia memang cuantik dan indah… Apalagi sampeyan main kesana bareng cewek cantik cantik begitu….wah yo mesti ae tambah semangat hahahaha…sik dulinan temabak tembakan mas ? apa sudah ganti hobby baru ?

11 04 2013
the hermawanov

bener mas, gak rugi wisata ke padang, alamnya cuantik, budayanya muantab, plus kulinernya muaknyosss! 🙂

4 06 2013
obat herbal pria perkasa

bagus sekali pemandangan nya, sangat indah…

1 02 2014
Roby Suheri

Biaya 250 k udah bisa kok gan sist kesana, pake jasa masyarakat sana (makan, kapal, kemah, sama snorkel disediain). Kalo udh ngerti jalan lebih murah lagi, langsung ketemu orang kapal minta dianter jemput, lebih murah, tapi makan sama alat2 kita yg ngatur.
Jangan lewat yg carlos itu, emg mahal. Coba lewat sei pinang nyebrang ke Pagangnya, lebih murah. Di Sei Pinang pantainya juga bagus.

28 04 2014
Scuba Diving

asyik ya perjalanannya…
i like it😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: