Kasus Susu Melamine

1 11 2008

Sanlu MilkSeperti telah kita ketahui bersama, ribuan bayi di China dikabarkan telah menderita berbagai penyakit yang disebabkan oleh kontaminasi melamine pada susu bubuk bayi. Bahkan banyak diantaranya berakibat fatal, dari mulai gagal ginjal hingga berujung kepada kematian.

Ini merupakan kasus besar kedua dalam beberapa tahun terakhir yang melibatkan formula bayi. Sebelumnya tahun 2004, lebih dari 200 bayi menderita kekurangan gizi dan setidaknya 12 tewas setelah diberi makan formula palsu yang tidak mengandung nutrisi.

Adapun, perusahaan yang menjadi pusat skandal pangan, Grup Sanlu, yang sebagian sehamnya dimiliki oleh Grup Fonterra New Zealand, telah memohon maaf atas insiden susu beracun, yang dikatakan oleh Menteri Kesehatan China, Chen Zu, telah dibubuhi melamine.

Perusahaan beralasan supplier yang menjual susu bubuk nampaknya menambahkan unsur kimia, yang normalnya digunakan pada plastik, untuk meningkatkan jumlah protein dalam susu.

Berikut adalah sedikit ilustrasi dari kasus Susu Melamine yang sedang merebak tersebut:

Melamine Milk1. Apakah yang dimaksud dengan susu beracun itu?

Susu beracun disini adalah susu yang terkontaminasi oleh “MELAMINE“.

Melamine is an organic compounds, a base with chemical formula C3H6N6. Officially it is 1,3,5-triazine-2,4,6-triamine in the IUPAC nomenclature system (CAS #108-78-1). It is has a molecular mass of just over 126, forms a white, crystalline powder, and is only slightly soluble in water. It is used in fire retardants in polymer resins because its high nitrogen content is released as flame-stifling nitrogen gas when the compound is burned or charred.

Untuk apakah kegunaan Melamine itu? Melamine biasa digunakan pada industri peralatan rumah tangga, juga pada pembuatan papan kayu / triplek.

Jadi… Melamine adalah diperuntukkan pada pembuatan barang-barang industri peralatan dan bukan pada industri makanan… atau dengan kata lain, TIDAK DAPAT DIMAKAN!

melamine2. Kenapa Melamine digunakan pada industri susu?

Zat gizi yang paling utama pada susu adalah Protein, analisis protein inilah yang dijadikan dasar oleh produsen susu dan makanan atau minuman berbahan dasar susu dalam membaca kadar protein pada susu. Dan Melamine mengandung kadar Nitrogen tinggi yang menyebabkan Melamine memiliki karakteristik analisis yang biasa dilakukan pada analisis protein.

Diduga ada oknum yang bermain, apakah itu di jaringan suplier bahan baku susu maupun pabrik/industri susu, yang menambahkan Melamine ke dalam susu yang dipasok atau diproduksinya. Diatas ini adalah bubuk Melamine, sekilas bentuknya mirip susu bubuk dan baunya tidak tajam. Mungkin hal itulah pula yang menyebabkan pencampuran Melamine dalam pembuatan susu ini sulit dideteksi.

Salah satu motif lainnya, dengan menambahkan Melamine pada pembuatan susu tentu akan mengurangi kadar susu yang dibutuhkan dan dengan harga Melamine yang lebih murah dibandingkan susu, pencampuran ini tentu juga akan memberikan keuntungan bagi produsen, yaitu penghematan biaya produksi.

3. Kapan kasus ini terungkap

Tahun 2007, mulai ditemukan kasus kematian hewan peliharaan anjing dan kucing yang diakibatkan memakan makanan hewan buatan China yang mengandung Melamine. Mulai di tahun 2008 di China mulai terjadi peningkatan yang tidak wajar kasus bayi menderita gagal ginjal.

China Sanlu Milk PowderBulan Agustus 2008 China Sanlu Milk Powder diuji dengan Melamine

Bulan September 2008 Pemerintah New Zealand meminta Pemerintah China untuk memeriksa permasalahan ini. Dan pada 21 September 2008 berbagai produk di Taiwan diuji atas kecurigaan terkontaminasi oleh Melamine.

4. Apakah yang terjadi saat Melamine dikonsumsi oleh tubuh?

Melamine dalam ginjalZat Melamine yang ikut terkonsumsi oleh tubuh melalui makanan atau minuman yang mengandung Melamine tersebut akan terserap ke arah ginjal. Zat ini akan membentuk batu yang lama-kelamaan dapat menghalangi saluran disekitar ginjal. Dampak yang ditimbulkannya, rasa sakit akan muncul dan penderita akan mengalami kesulitan buang air kecil. Selanjutnya pada kondisi yang fatal ginjal berkemungkinan membengkak dan menyebabkan gagal ginjal.

Hal ini dapat mengakibatkan hilangnya fungsi ginjal sehingga si penderita akan membutuhkan dialysis / cuci darah dengan resiko kematian apabila tidak mendapatkan penanganan yang tepat.

Baby undergoing dialysisApakah itu dialysis? Di masyarakat proses ini lebih dikenal dengan nama “cuci darah”, yaitu proses penyaringan / pencucian darah melalui sebuah mesin khusus dengan cara mengalirkan darah dalam tubuh ke dalam mesin dan mengembalikannya lagi ke dalam tubuh. Keseluruhan proses cuci darah ini memakan waktu kurang lebih 4 jam, dan proses ini harus terus diulang setiap sekitar 3 hari selama seumur hidup!

Kenapa kontaminasi Melamine ini berdampak lebih serius kepada bayi? Karena ginjal pada bayi masih berukuran sangat kecil dan bayi mengkonsumsi susu yang sangat banyak setiap harinya. Saat ini di China kurang lebih 13,000 bayi dan anak-anak sedang dalam perawatan dikarenakan kontaminasi Melamine.

5. Makanan / minuman apa saja yang harus dihindari?

Makanan atau minuman yang mengandung produk susu. Dari mulai susu itu sendiri, hingga kopi susu, krimer, keju, kue, es krim, permen susu dll.

6. Perusahaan apa saja yang terkontaminasi?

Anda dapat mengetahuinya disini.

7. Apa yang harus dilakukan?

Berhati-hati dalam mengkonsumsi, terutama produk susu dan turunannya, paling tidak selama enam bulan kedepan (s.d. Maret 2009). Dan selalu utamakan produk makanan atau minuman buatan dalam negeri yang berkode MD daripada produk buatan luar negeri yang berkode ML. Dan pastikan makanan atau minuman yang kita konsumsi telah mendapatkan approval dari BPOM. Terakhir, tetap ikuti perkembangan kasusnya, terutama jika kita memiliki anak balita yang rutin mengkonsumsi susu (seperti saya).


Actions

Information

10 responses

1 11 2008
wahid1707

Wah produk dari cina emang gila-gilaan.. yang masalah telur buatan dari cina itu ngerijuga lho mas.. diulas juga dong…

2 11 2008
Catra

pertumbuhan ekonomi china ternyata tidak didukung oleh kualitas barang2 yang diciptakan. semoga nantinya kualitas barang china segera membaik deh

3 11 2008
imung murtiyoso

produk asal negeri tirai bambu umumnya berkualitas rendah dan membahayakan. Banyak kasus yang ditemukan di tanah air. Makanan dan mainan anak2 adalah contohnya. Jadi kita memang harus hati2…

4 11 2008
avartara

Wah gawat itu mas,…. bisa merusak 7 generasi,… produk China terkenal dengan harga murahnya,.. namun sedikit lemah di kualitasnya🙂

13 11 2008
Alex

terimakasih atas infonya neh da

salam kenal

24 12 2008
alex©

Susu begini bukannya cuma beredar di supermarket?😕

Di daerah saya sih tak ada supermarket, tito:mrgreen:

#kalok prodak2 china sih, terutama yg selundupan, biasanya di sekitar sumatra ini jg banyak lex…

28 12 2008
Arm

waspada aja ama susu2 mencurigakan🙂

YNWA

ps: baru ngebanti Newcastle 5-1😀

#yep, terutama yg berbau2 china… lebih baik waspada drpd nyesel kemudiyan kan… ynwa jg bro, newcastle mah lewat😀

30 12 2008
Cengkunek

makanya, cintailah produk dalam negri
biar lebih memakmurkan sodara sebangsa
betul tidak?

#betul! jadi inget sinetrong jadul ACI: Aku Cinta Indonesia🙂

7 01 2009
Ripo Fitovang

Sekarang jadi ragu nih mengkonsumsi segala jenis makanan kalengan dan berpengawet…

18 10 2010
ryujinki kurotsuchi

OMG

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: